6 Kesalahan (Paling Sering) Penggunaan KontakK

KontakK dibuat semaksimal mungkin supaya dapat digunakan dengan mudah oleh siapa saja.

Meski demikian, masih ada cukup banyak pengguna yang melakukan kesalahan-kesalahan (yang sebetulnya bisa dengan mudah diatasi) sehingga belum juga dapat menggunakan KontaKK. Seluruh masalah yang pada dasarnya sudah dijelaskan di laman dokumentasi.

Pada post ini, saya akan memberikan daftar 6 kesalahan penggunaan KontakK yang paling sering dilakukan berikut penjelasan beserta solusinya.

1. Registrasi dengan email yang sembarang

Ada sekitar 3% pengguna yang melakukan registrasi di KontakK.com dengan email yang tidak valid atau diisi secara sembarangan.

Untuk menggunakan KontakK, diperlukan alamat email yang valid, yang dapat diakses dan yang Anda miliki.

Sebagaimana yang kita tahu, email adalah sesuatu yang seharusnya setiap orang miliki. Untuk membuat akun sosial media apa saja, Anda pasti membutuhkan email.

Solusinya: gunakan email Anda yang benar. Jika belum punya atau tidak tahu apa itu email, mungkin KontakK tidak cocok untuk Anda.

2. Registrasi dengan username/name sembarang

Username di KontakK yang Anda isi saat melakukan registrasi punya peran yang cukup penting. Ini kelak akan menjadi alamat Anda dengan format Kontakk.com/@username.

Ada banyak yang mengisi username dengan no hape, susunan angka acak dan atau susunan huruf yang tidak terbaca.

Selain itu, name atau nama juga berperan sangat penting yang akan terpampang di laman KontakK milik Anda.

Solusinya: Silahkan ganti anti username/name kontakk Anda sesuai dengan yang Anda inginkan melalui dashboard member masing-masing.

Atau solusi lain: bikin akun KontakK baru menggunakan email lain milik Anda hanya kali ini lebih teliti ketika memilih username dan name yang diinginkan. Tidak ada batasan bagi seseorang untuk memiliki akun KontakK. Anda bisa membuat sebanyak yang Anda suka.

3. Keliru dalam melakukan aktivasi

Ini kesalahan yang paling sering terjadi.

Sesaat setelah melakukan registrasi, sistem kami akan secara otomatis mengirimkan email ke inbox Anda untuk melakukan aktivasi. Ini step yang penting agar data pengguna menjadi valid.

Berikut beberapa jenis kesalahan yang kemudian terjadi:

– Tidak sabar
Email aktivasi membutuhkan beberapa saat untuk sampai ke inbox Anda. Namun biasanya hanya hitungan menit saja. Dan jika dalam waktu 5 menit email tidak juga masuk, maka kemungkinan besar email aktivasi masuk ke folder spam. Tapi bisa juga dengan berbagai alasan teknis, email sama sekali tidak masuk ke email Anda.

Solusinya: Kami telah menyediakan laman untuk pengiriman ulang aktivasi (resend activation) yang dapat Anda gunakan. Silahkan masukan email dan submit. Setelah itu, tunggu email aktivasi di inbox Anda atau cek folder spam jika dalam waktu 5 menit email tak juga masuk.

– Tidak mengikuti instruksi
Satu-satunya cara untuk mengaktifkan akun KontakK adalah dengan mengikuti instruksi yang diminta, yakni: klik link yang ada di dalam email. Atau jika tidak bisa diklik (biasanya terjadi jika email masuk folder spam), maka Anda bisa menyalin link tersebut dan membukanya di browser Anda.

Alih-alih melakukan cara diatas, ada cukup banyak pengguna yang malah membalas email aktivasi. Cara ini tidak akan mengaktifkan akun Anda.

Solusi: klik link aktivasi yang dikirim ke email Anda.

4. Lupa password

Setelah akun aktif, Anda seharusnya bisa melakukan login ke dashboard KontakK dan mulai menggunakannya.

Tapi Anda mungkin lupa dengan password yang sebelumnya telah Anda pilih sendiri dan tidak bisa login ^_^

Masalah ini tidak dapat diatasi dengan mengirimkan email meminta password atau cuma diam saja.

Solusinya: reset password dengan mengunjungi link ini. Cek email dan ikuti instruksi selanjutnya.

5. Salah membuat link

Anda sekarang sudah bisa login. Tiba saatnya untuk membuat link sesuai kebutuhan. KontakK telah menyediakan KontakK WA dan KontakK TEL untuk membuat link WA dan link telpon sehingga tidak perlu repot2 menggunakan API maupun bitly. Link lainnya juga dapat ditambahkan dengan mudah sesuai keinginan.

Namun demikian, ada beberapa pengguna yang justru memasukkan link dengan cara yang keliru:
– Memasukkan link aktivasi di dalam link kontakK (buat apa coba ^_^)


– Memasukkan link KontakK di link KontakK (duh ^_^)


– Menggunakan teks yang terlampau panjang (hemm ^_^)


– Menggunakan teks yang keliru (halah ^_^)

Perlu diingat jika:

  • Ada 2 kolom yang perlu diisi ketika membuat link, (1) anchor text (text pada tombol link) yang akan muncul di tombol dan (2) url, yaitu link yang akan dibuka ketika tombol diklik.
  • Anchor text sebaiknya pendek, bersifat CTA dan ringkas. Jangan diisi dengan url apalagi sebuah kalimat yang panjang. Juga jangan sampai salah. Dalam gambar diatas, seharusnya WhatsApp bukan Whapsapp.
  • Sementara url adalah link tujuan ketika tombol di klik. Bisa apa saja, WA, tel, line web, email, blog, link ke video Youtube, dan lain sebagainya.

Solusinya: periksa kembali link yang Anda buat dan gunakan sebagaimana mestinya semaksimal-maksimalnya.

6. Tidak digunakan / tidak tahu buat apa

Ada cukup banyak sekali pengguna yang membuat akun KontakK tetapi tidak tahu buat apa.

KontakK adalah layanan untuk memaksimalkan link bio di Instagram supaya dapat memuat lebih dari 1 link. KontakK digunakan untuk memperdekat jarak antara Anda dan calon konsumen Anda sehingga mereka bisa mendapatkan seluruh cara agar terhubung dengan Anda secara mudah.

KontakK.com juga brandable sehingga seharusnya tidak lagi perlu dipendekkan dengan bitly atau layanan sejenis. Dengan memasang link KontakK, konsumen secara otomatis akan melakukan klik agar terhubung dan bisa mengontak Anda.

PENTING: Jangan lupa join di channel Telegram KontakK untuk info cepat seputar KontakK, turut serta memberikan feedback serta menjadi yang pertama dapat mengakses fitur premium KontakK yang segera dirilis.

Semoga bermanfaat
KontakK.com

Spread the love

Post A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *